FAQ OVO Merchant
Berbagai informasi terkait layanan dan produk kami

OVO Merchants

1. Apa itu OVO Merchant?

OVO Merchant” adalah merchant yang telah terdaftar sebagai OVO Merchant dan melakukan pendaftaran untuk melakukan kerjasama penerimaan transaksi pembayaran dengan OVO, untuk tujuan membuat merchant dapat melakukan penerimaan transaksi pembayaran dengan instrumen pembayaran OVO atau kanal pembayaran (payment channel) yang disediakan oleh OVO.

2. Apa yang Anda dapatkan jika Anda menjadi OVO Merchant?

Pembayaran Dana Transaksi OVO

1. Kapan dana Transaksi OVO Anda bisa Anda terima?
2. Apa yang dimaksud dengan MDR?
3. Bagaimana cara Anda mengakses riwayat Transaksi OVO Anda?
4. Bagaimana Anda bisa mengubah data dan informasi Anda yang terlanjur telah Anda serahkan pada saat pendaftaran?

Mendaftar Menjadi OVO Merchant

1. Bagaimana Cara Melakukan Pendaftaran Menjadi OVO Merchant?
2. Bagaimana cara Anda mengetahui hasil pendaftaran Anda untuk menjadi OVO Merchant?

Tata Tertib Sebagai OVO Merchant

1. Apa saja hal - hal yang wajib dilakukan dan dilarang sebagai Merchant OVO?

Aplikasi Grab Merchant

1. Apa itu Aplikasi Grab Merchant?
2. Siapa saja yang dapat menikmati manfaat Aplikasi Grab Merchant?
3. Bagaimana cara mengunduh, menginstal, dan memanfaatkan Aplikasi Grab Merchant?
4. Apakah saya perlu mereset kata sandi akun Grab Merchant saya pada saat saya mengakses Aplikasi Grab Merchant saya?
5. Bisakah saya menginstal Aplikasi Grab Merchant di lebih dari satu perangkat?
6. Aplikasi Grab Merchant saya bermasalah
7. Fitur apa saja yang bisa saya gunakan di Aplikasi Grab Merchant?

Metode Pembayaran EDC

1. Kenapa saya tidak bisa menggunakan EDC saya?
2. Apakah EDC yang sudah dinonaktifkan perlu dikembalikan?
3. Apa yang harus saya lakukan jika saya belum sempat melakukan settlement sebelum 20 Agustus 2023?
4. Apakah EDC bisa diganti dengan cara pembayaran lain, jika ada customer yang tetap ingin membayar dengan OVO karena ingin mendapatkan Point (Cashback)?
5. Jumlah Transaksi melalui EDC OVO di tempat saya memang rendah, karena memang customer lebih memilih menggunakan pembayaran lain, apakah tidak ada kebijakan untuk hal tersebut?
6. Jika saya ingin kembalikan mesin EDC, saya harus berikan ke mana?
7. Setelah penonaktifan ini, untuk bisa menggunakan OVO, apakah saya harus melakukan registrasi ulang lagi?
8. Apakah dana settlement sebelum EDC dinonaktifkan tetap saya terima?

Metode Pembayaran QRIS

1. Apa itu QRIS?
2. Bagaimana cara melakukan penerimaan Transaksi OVO dengan pemindaian QRIS Statis melalui Aplikasi Grab Merchant?
3. Apakah QRIS yang dikirim melalui melalui pesan aplikasi chat dapat dipindai?
4. Mengapa saya tidak bisa menerima Transaksi OVO dengan pemindaian QRIS padahal status saya sudah disetujui sebagai OVO Merchant?
5. Mengapa saya tidak menerima pembayaran dari customer? Padahal pembayaran dari customer sudah sukses?

Penerimaan Transaksi OVO dengan pemindaian (scan) sticker kode QRIS

1. QR OVO yang manakah yang sebaiknya digunakan untuk penerimaan Transaksi OVO?
2. Apa yang sebaiknya saya lakukan dengan QR OVO saya yang lama?
3. Apakah saya bisa menerima Transaksi OVO jika saya belum menerima sticker QRIS?

Perpindahan Aplikasi OVO Merchant

1. Kenapa saya tidak bisa login via OVO Merchant App?
2. Kenapa saya harus pindah ke aplikasi GrabMerchant?
3. Apa perbedaan fitur aplikasi OVO Merchant dan GrabMerchant?
4. Apa saya harus melakukan update sesuatu saat pindah ke aplikasi GrabMerchant?
5. Sampai kapan saya bisa mengakses dan bertransaksi di aplikasi OVO dengan adanya perpindahan ini?
6. Apakah saya akan menerima panduan cara menggunakan aplikasi GrabMerchant?
7. Di mana saya bisa mendapatkan bantuan berkaitan dengan OVO?
8. Bagaimana supaya saya dapat mengaktifkan QRIS (static/tempel) di aplikasi GrabMerchant?
9. Apakah artinya ini Grab yang mengeluarkan QRIS baru, sehingga QRIS OVO saya tidak berfungsi lagi?
10. Apakah ada perbedaan pembayaran transaksi yang di kirim ke rekening tujuan saya?
11. Apakah laporan harian transaksi akan terpisah untuk transaksi Grab dan OVO?
12. Apakah ada perubahan MDR (Merchant Discount Rate) setelah dilakukan perpindahan ini ?
13. Jika kedepannya ingin melakukan perubahan Data, apakah data tersebut akan tersinkron secara otomatis di Grab dan OVO?
14. Jika pelanggan melakukan pembatalan transaksi dan pengajuan Refund, Apa yang harus saya lakukan?
15. Bagaimana jika saya tidak bisa melakukan Login ke aplikasi GrabMerchant dengan Akun OVO Merchant yang sebelumnya saya miliki (padahal akun saya aktif)?
16. Jika saya sudah punya akun GrabMerchant (email sama nomor berbeda) apakah saya tetap bisa menggunakan 2 Akun dengan 2 email berbeda tersebut atau saya harus merubah data akun tersebut (email tidak boleh sama)?
17. Jika saya ingin melakukan penutupan akun, saya laporkan ke OVO atau ke Grab?
18. Dimana saya bisa membaca syarat dan ketentuan merchant?