Help Center

E-Samsat Sumatera Utara

Syarat dan Ketentuan Samsat Wilayah Sumatera Utara:

  1. Pengguna hanya dapat melakukan pembayaran pajak melalui Samsat wilayah Sumatera Utara untuk Kendaraan dengan plat yang terdiri dari huruf BK.
  2. Pengguna akan memperoleh kode bayar melalui Aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat, kemudian kode bayar tersebut akan dimasukan ke Aplikasi OVO untuk dilakukan pembayaran pajak.
  3. Kode bayar yang diperoleh melalui e-Samsat Sumut Bermartabat hanya berlaku hingga pukul 23.00 WIB pada hari yang sama.
  4. Pengguna dapat menukarkan bukti pembayaran dengan SKPD dan/atau SKKP di Kantor Bersama Samsat terdekat wilayah Sumatera Utara dengan menunjukan bukti bayar e-SKPD dari email atau dari aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat kepada petugas gerai Samsat.
  5. Kemudian, petugas akan melakukan pencetakan SKPD baru dan pengesahan STNK.
  6. Batas waktu penukaran/cetak SKPD dan/atau SKKP untuk Kendaraan Bermotor wilayah Sumatera Utara adalah maksimal 14 (empat belas) hari kalender setelah pembayaran melalui Aplikasi telah terverifikasi.

 

Cara Mendapatkan Kode Bayar Samsat:

  1. Untuk mendapatkan Kode Bayar, silahkan download aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat. Kemudian pilih menu Kode Bayar.
  2. Masukkan Data Kepemilikan dan Kendaraan Bermotor (KBM) seperti : Nomor Polisi, NIK, Nomor Rangka (5 digit terakhir), dll. Lalu konfirmasi data kepemilikan.
  3. Kode Bayar yang diperoleh hanya berlaku hingga pukul 23.00 WIB pada hari yang sama.
  4. Segera lakukan pembayaran di aplikasi OVO dengan memasukkan kode bayar pada kolom kode bayar.
  5. Setelah melakukan pembayaran, periksa email untuk menerima bukti pembayaran/e-SKPD dalam bentuk QR atau masuk lagi ke aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat untuk melihat bukti bayar.

 

Lakukan cetak SKPD/Surat Ketetapan Pajak Daerah dan Pengesahan

Setelah melakukan pembayaran, kamu dapat mencetak SKPD (Notice Pajak) dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Datang ke Kantor Samsat di Sumatera Utara terdekat, langsung menuju gerai atau loket cetak SKPD dan Pengesahan.
  2. Kemudian tunjukan bukti pembayaran/e-SKPD dan STNK kepada petugas.
  3. Petugas akan melakukan pengecekan dan pencetakan SKPD baru dan pengesahan STNK.
  4. Proses cetak selesai, petugas akan memberikan SKPD baru dan STNK.
Merasa terbantu?
Ya
Tidak

Yang sering ditanyakan

Apa yang harus saya lakukan ketika transaksi pembelian Pulsa saya berhasil dan saldo OVO saya sudah terpotong, tetapi Pulsa belum diterima?

Mengapa saya tidak bisa login di aplikasi OVO?

Bagaimana bila transaksi pembayaran di merchant gagal?

Mengapa akun saya tidak bisa melakukan top up OVO cash?

Bagaimana jika transfer dari OVO belum diterima di rekening tujuan?


Masih belum terjawab?