Help Center

E-Samsat Jawa Tengah

Syarat dan Ketentuan Samsat Wilayah Jawa Tengah:

  1. Pengguna hanya dapat melakukan pembayaran pajak melalui Samsat wilayah Jawa Tengah untuk Kendaraan dengan plat yang terdiri dari huruf G, H, K, R, AA, dan AD.
  2. Pengguna akan memperoleh kode bayar melalui New SAKPOLE (khusus untuk kendaraan bermotor yang tercantum pada poin 1), kemudian kode bayar tersebut akan dimasukan ke Aplikasi OVO untuk dilakukan pembayaran pajak.
  3. Kode bayar yang diperoleh melalui New SAKPOLE hanya berlaku selama 2 (dua) jam sejak diperoleh.
  4. Pengguna dapat menukarkan bukti pembayaran dengan SKPD dan/atau SKKP di Samsat terdekat wilayah Jawa Tengah dengan melakukan pencetakan melalui mesin cetak SKPD Mandiri SAKPOLE.
  5. Batas waktu penukaran/cetak SKPD dan/atau SKKP untuk Kendaraan Bermotor wilayah Jawa Tengah adalah maksimal 14 (empat belas) hari kalender setelah pembayaran melalui Situs/Aplikasi telah terverifikasi.

 

Cara Mendapatkan Kode Bayar Samsat:

  1. Untuk mendapatkan Kode Bayar, silahkan download aplikasi New SAKPOLE. 
  2. Masukkan Data Kepemilikan dan Kendaraan Bermotor (KBM) seperti: Nomor Polisi, NIK, dan Nomor Rangka (5 digit terakhir). Lalu pilih Metode Pembayaran OVO.
  3. Kode Bayar hanya berlaku selama 2 (dua) jam sejak diperoleh.
  4. Segera lakukan pembayaran di aplikasi OVO dengan memasukkan kode bayar pada kolom kode bayar.
  5. Setelah melakukan pembayaran di OVO, masuk lagi ke aplikasi New SAKPOLE anda untuk mendapatkan E-TBPKP dan E-Pengesahan.

 

Lakukan cetak SKPD/Surat Ketetapan Pajak Daerah

Setelah melakukan pembayaran, kamu dapat secara mandiri mencetak SKPD (Notice Pajak) dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Datang ke Samsat di Jateng terdekat, langsung menuju mesin cetak SKPD Mandiri Sakpole.
  2. Download QR Kode pada aplikasi New SAKPOLE melalui menu bukti bayar.
  3. Lakukan Scan QR tersebut ke mesin mandiri SAKPOLE.
  4. Akan ditampilkan data kendaraan bermotor, jika sudah sesuai pilih cetak/print.
  5. Proses cetak selesai, silakan ambil SKPD.
Merasa terbantu?
Ya
Tidak

Yang sering ditanyakan

Apa yang harus saya lakukan ketika transaksi pembelian Pulsa saya berhasil dan saldo OVO saya sudah terpotong, tetapi Pulsa belum diterima?

Mengapa saya tidak bisa login di aplikasi OVO?

Bagaimana bila transaksi pembayaran di merchant gagal?

Mengapa akun saya tidak bisa melakukan top up OVO cash?

Bagaimana jika transfer dari OVO belum diterima di rekening tujuan?


Masih belum terjawab?