Help Center

Apa itu Reksa Dana Syariah?

- Reksa dana Syariah adalah Reksa dana dengan aset investasi sesuai prinsip syariah. Pengelolaan reksa dana sendiri masuk dalam kategori Halal berdasarkan Fatwa MUI No. 20/DSN-MUI/IV/2001 karena pengelolaan reksa dana menggunakan akad wakalah, yakni investor memberikan pelimpahan kuasa kepada Manajer Investasi untuk mengelola aset investasi.

- Pada reksa dana syariah, prinsip syariah lebih diterapkan padalagi dimana aset investasi yakni berupa deposito syariah, sukuk dan saham yangjuga harus sesuai prinsip syariah, dimana biasanya menggunakan akad ijarah (sewa menyewa) maupun mudharabah (bagi hasil).

- Secara detail aset investasi yang dapat dikategorikan sebagai aset investasi syariah adalah:

  1. Surat berharga syariah yang diterbitkan oleh Negara Republik Indonesia
  2. Sukuk yang diterbitkan oleh perusahaan
  3. Saham, termasuk hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) syariah dan waran syariah, yang diterbitkan oleh perusahaan publik yang tidak menyatakan bahwa kegiatan usaha serta cara pengelolaan usahanya dilakukan berdasarkan prinsip syariah, sepanjang emiten atau perusahaan publik tersebut :
  • Tidak melakukan kegiatan usaha perjudian, jasa keuangan ribawi, barang haram dan mudarat, tidak melakukan investasi pada perusahaan yang pada saat transaksi tingkat (nisbah) utang perusahaan kepada lembaga keuangan ribawi lebih dominan dari modalnya, kecuali investasi tersebut dinyatakan kesyariahannya oleh DSN-MUI
  • Memenuhi rasio-rasio keuangan sebagai berikut :
  1. Total utang yang berbasis bunga dibandingkan dengan total aset tidak lebih dari 45 persen (empat puluh lima persen)
  2. Total pendapatan bunga dan pendapatan tidak halal lainnya dibandingkan dengan total pendapatan usaha (revenue) dan pendapatan lain-lain tidak lebih dari 10 persen (sepuluh persen)
Merasa terbantu?
Ya
Tidak

Yang sering ditanyakan

Transaksi pembelian pulsa saya berhasil dan sudah memotong saldo OVO, namun pulsanya belum masuk, bagaimana saya bisa menindaklanjutinya?

Mengapa saya tidak bisa login di aplikasi OVO?

Bagaimana bila transaksi pembayaran di merchant gagal?

Mengapa akun saya tidak bisa melakukan top up OVO cash?

Bagaimana jika transfer dari OVO belum diterima di rekening tujuan?


Masih belum terjawab?