Pentingnya Passive Income untuk Masa Depan

pentingnya passive income

OVO | Cerdas Finansial Untuk bisa mencapai financial freedom, mengandalkan penghasilan dari gaji saja tidak cukup. Inilah pentingnya memiliki passive income yang bisa membantu kamu mencapai kondisi finansial yang diinginkan.

Passive income adalah penghasilan yang bisa dapatkan tanpa harus bekerja di mana kamu tak perlu repot menukar waktumu dengan uang. Tanpa kamu bekerja, uang tersebut akan berkembang dengan sendirinya, bahkan saat kamu sedang tidur. Menarik, bukan?

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan passive income? Gampang kok, kamu bisa mendapatkan passive income dengan cara berinvestasi. Kamu bisa berinvestasi seperti reksadana, deposito, atau saham dengan imbal hasil yang cukup menguntungkan.

Kini sudah tersedia platform investasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan passive income, salah satunya adalah OVO | Invest

Sebelum itu, sebaiknya ketahui dulu pentingnya memiliki passive income untuk masa depan.

Pentingnya passive income

Bisa menghasilkan uang tanpa harus bekerja tentunya menjadi impian banyak orang. Di era yang serba canggih ini, kamu bisa kok mewujudkan hal tersebut.

Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus bekerja dengan passive income. Berikut ini pentingnya passive income untuk masa depan.

1. Membantu mencapai kebebasan finansial

Dengan memiliki passive income, maka tujuan kamu untuk mencapai kebebasan finansial akan semakin mendekat. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengandalkan gaji untuk kehidupan sehari-hari, bahkan rencana jangka panjang saja tidak cukup. Kamu harus memiliki penghasilan lain yang bisa membantu tercapainya kebebasan finansial lebih cepat. 

Passive income ini bisa kamu manfaatkan untuk tabungan masa depan, misalnya untuk pendidikan anak, biaya ibadah haji, atau untuk masa pensiun nanti. 

2. Bisa pensiun dengan tenang

Ketika kamu masuk di usia pensiun nanti, kamu pun akan merasa lebih tenang karena sudah menyiapkan passive income sejak masih muda.

Kamu tak khawatir lagi meskipun sudah tidak bekerja karena di masa pensiun nanti uang yang akan bekerja untuk kamu melalui passive income.

3. Hidup lebih fleksibel dan bisa bekerja dari mana saja

Memiliki passive income juga bisa membuat hidup kamu lebih fleksibel dan bekerja dari mana saja. Saat suntuk, kamu bisa pergi ke luar kota untuk menyegarkan pikiran sambil bekerja. 

Kamu bisa memilih pekerjaan yang fleksibel seperti freelance writer tanpa khawatir tidak ada tawaran pekerjaan lagi di bulan berikutnya. Hal ini karena kamu sudah memiliki passive income

4. Terhindar dari tekanan pekerjaan

Memiliki passive income juga akan membuat kamu terhindar dari tekanan yang memaksa kamu harus bekerja melebihi batas sewajarnya. Sehingga kamu bisa melakukan hobi kamu atau berfokus pada pengembangan diri.

Jika passive income kamu berupa investasi properti seperti kos-kosan atau apartemen, kamu bahkan tak perlu repot-repot bekerja karena akan menerima uang sewa bulanan yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup hingga liburan.

Cara mendapatkan passive income

Setelah membaca pentingnya passive income untuk masa depan, sudahkah kamu tertarik untuk memilikinya?

Jika iya, tentu itu jadi pilihan yang tepat buat kamu. Tak perlu menyesal kalau kamu terlambat menyadari hal ini, yang terpenting kamu sudah tahu manfaat passive income untuk masa depan kamu. 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan passive income, seperti menjadi seorang youtuber, bergabung menjadi afiliasi marketing, menjual karya, hingga melakukan investasi.

1. Gabung menjadi afiliasi marketing

Belakangan, bergabung menjadi afiliasi marketing memang sedang tren. Kamu bisa mendapatkan passive income hanya dengan merekomendasikan produk yang sudah kamu beli. 

Tanpa membuang waktu kamu, maka komisi dari program afiliasi itu akan mengalir dengan sendirinya. Namun, pastikan ada yang membeli produk yang kamu rekomendasikan, ya. Oleh sebab itu, kamu harus membuat konten yang menarik.

2. Bisnis sewa kos-kosan

Bisnis ini memang menggiurkan, bahkan mungkin semua orang bercita-cita memiliki kos-kosan 30 pintu. 

Tanpa harus bekerja, kamu akan mendapatkan pendapatan pasif dari uang sewa bulanan kos-kosan kamu. 

Uang tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kehidupan kamu atau untuk diinvestasikan kembali ke produk lain.

3. Investasi

Apabila kondisi mengharuskan kamu tetap aktif bekerja dengan tujuan bisa mendapatkan penghasilan double, kamu bisa memilih cara investasi untuk passive income kamu. 

Investasi yang bisa kamu pilih seperti reksadana pasar uang atau reksadana pendapatan. Sebab, kedua jenis investasi tersebut cukup aman, minim risiko, dan memiliki keuntungan yang kompetitif. Jadi, cocok buat kamu yang masih pemula. 

OVO | Invest memiliki produk reksadana pasar uang syariah dan reksadana pendapatan tetap syariah yang bisa kamu pilih dengan tawaran imbal hasil mulai dari 4-6,7% per tahunnya. Modal awalnya juga murah, kamu bisa memulai investasi mulai dari Rp10.000.

Sebagai contoh, apabila kamu memilih produk reksadana pendapatan tetap Bahana MES Syariah Fund Kelas O di OVO | Invest, kamu akan mendapatkan imbal hasil hingga 6,7% per tahun. Yuk, coba kita simulasikan

Untuk mendapatkan passive income, kamu menyisihkan Rp2 juta per bulan untuk investasi di reksadana pendapatan tetap Bahana MES Syariah Fund Kelas O. Maka dalam 1 tahun, kamu akan mendapatkan passive income sebesar: 

  • Investasi: Rp2.000.000 x 12 bulan = Rp24.000.000
  • Imbal hasil: 6,7%
  • Keuntungan yang didapat: Rp24.000.000 x 6,7% = Rp1.608.000

Jadi, dalam satu tahun investasi, kamu akan mendapatkan tambahan uang sebanyak Rp1.608.000. Bayangkan jika kamu berinvestasi dalam jangka waktu 10-20 tahun, total keuntungan yang didapat mencapai Rp32.160.000.

Apabila kamu mempersiapkan untuk dana pensiun, nilai keseluruhan yang didapat dengan uang yang sudah kamu investasikan bisa mencapai Rp500 juta. 

Dari ilustrasi di atas, makin tertarik memiliki passive income? Jika iya, kamu bisa cari tahu informasi lebih lanjut tentang OVO | Invest dengan klik link berikut ini. 


Baca juga artikel lainnya di OVO Cerdas Finansial

< Jenis Investasi yang Tepat untuk Pemula
< Tips Aman Investasi Online untuk Pemula
< Tips Beli Cincin Emas Biar Tak Rugi
< Ide Kado Natal Spesial untuk Keluarga
< Cara Belajar Reksadana Modal Rp10 Ribu
< Investasi Berlian, Apakah Menguntungkan?
< 9 Isi Seserahan Pernikahan yang Harus Ada

Bagikan Artikel ini
Tags: